Tuesday 24 October 2017

Benih Unggul Terong Reza


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                        Benih Unggul Terong Reza




Untuk menunjang produksi pertanian yang tinggi salah satu faktor adalah penggunaan benih unggul kami mensupport hal tersebut dengan menyediakan benih unggul karya anak bangsa jenis OP (Open Pollinated) terutama Benih Holtikultura yaitu Terong Reza.

Kandungan Gizi Serta Manfaat Terong Ungu

Terong adalah jenis sayuran golongan terung-terungan, sayuran ini mempunyai nama latin Solanum Melongena. Tanaman terong pada umumnya mempunyai tinggi mencapai 40 hingga 150 cm. Terdapat banyak jenis terong seperti terong ungu, terong hijau, dan terong kuning.

Terong merupakan sayuran yang dikonsumsi semua lapisan masyarakat kerena bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Terong biasanya diolah menjadi berbagai masakan rumahan seperti terong balado, tumis terong, hingga dikonsumsi sebagai lalapan.

Sayuran ini mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi terong dan manfaatnya.

Buah Terong adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Terong mengandung energi sebesar 24 kilokalori, protein 1,1 gram, karbohidrat 5,5 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 37 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Terong juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 5 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Terong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 87 %.

Beberapa Kandungan Gizi Serta Manfaat Terong Untuk Kesehatan:

Vitamin
Di dalam terong terdapat banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin D dan vitamin K.

Zat Besi
Zat besi merupakan salah satu kandungan mineral yang terdapat di dalam terong. Zat besi berfungsi mencegah terjadinya anemia.

 Antosianin
Kandungan antosianin adalah senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai pelindung sel dari sinar ultra violet. Selain itu, antosianin juga berperan untuk mengobati penyakit jantung dan kanker.

Ellagic Acid
Ellagic Atic merupakan komponen fenolik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah kerusakan gen dan mencegah terjadinya pengumpalan darah.

Phycocyanian
Kandungan phycocyanian yang terdapat di dalam terong merupakan protein komplek yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih dan merah, mencegah dan melawan sel kanker, menstimulasi kerja sel batang di dalam sumsum belakang dan dapat menyembuhkan pendarahan.  Selain itu, phycocyanian juga memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas.

Membantu Perkembangan Otak
Kandungan fitonutrien yang terdapat pada terong berfungsi untuk membantu perkembangan sel-sel di dalam otak serta dapat melindungi membran sel dari berbagai ancaman.

Menjaga Kesehatan Jantung
Terong berguna untuk mengurangi kolesterol berlebih yang terdapat di dalam pembuluh darah dan dinding arteri, hal tersebut bertujuan membuat aliran darah lebih lancar. Jika, aliran darah lebih lancar jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah.

Mencegah Penyakit Kanker
Elemen nasulin merupakan kandungan di dalam terong yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Terong mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menyehatkan organ pencernaan.
Cara Menyemai Biji Terong Agar Cepat Tumbuh

Terong ungu adalah salah satu suku terong-terongan yang paling banyak diminati oleh petani karena sistem pembudidayaannya yang cukup mudah.

Terong dapat tumbuh subur pada kondisi tanah aluvial, tanah liat berlempung, atau pada tanah lempung berpasir yang jenis tanah tersebut paling banyak ditemukan di lahan persawahan, pegunungan, area perbukitan.

Dalam pembudidayaan terong, tentu saja tahapan penyemaian benih/bibit tergolong hal pokok yang tak boleh terlewatkan, sebab ini merupakan fase dalam memperoleh calon tanaman muda yang produktif, serta unggul dijadikan sebagai induk dewasa untuk menghasilkan buah yang banyak dan lebat.

Para petani di daerah umumnya melakukan pembibitan/pembenihan terong melalui metode/cara semai terong pada lahan bedengan mereka.

Menyemai biji terong adalah usaha untuk mendapatkan bibit terong dengan cara menaburkannya pada lahan yang sudah disiapkan. Tata cara menyemai biji terong ini sangat simpel dan semua orang dapat melakukannya. Namun untuk mendapatkan bibit terong dari penyemaian biji terong dengan baik dan berkualitas, diperlukan sedikit pemhaman dan beberapa tips sederhana. Ada kalanya kita menyemai biji terong dengan banar, namun yang tumbuh hanya sedikit. Selain itu biji terong yang sudah kita semai lama tumbuhnya. Lantas bagaimana supaya biji terong yang kita semai dapat tumbuh dengan cepat dan subur? Berikut ini dasar-pertanian akan membagikan sedikit pengalaman tentang bagaimana cara menyemai biji terong agar cepat tumbuh.

Menyemai Benih Terong Agar Cepat Tumbuh


Sebelum biji terong anda semai, terlebih dahulu anda pilih mana biji terong yang baik dan berkualitas. Caranya anda bisa beli benih terong yang bagus dan berkualitas. Karena biasanya benih terong yang sudah diproduksi dan dijual telah melalui beberapa tes, lalu kemudian dipasarkan.
Pastikan bahwa benih tidak sedang terserang hama termasuk kutu, serta benihnya benar-benar berkualitas. Benih berkualitas dapat dibeli di toko penjualan bibit tanaman, atau dapat melakukan pembenihan secara mandiri maupun bersama dengan kelompok tani.

Benihterong yang sudah didapat kemudian direndam pada air dingin dengan suhu kira-kira 0 – 10 derajat celcius. Media untuk perendaman benih terong tersebut bisa menggunakan gelas atau mangkuk. Rendam benih terong selama 5 – 8 jam.

Jika biji terong sudah anda siapkan, selanjutnya anda pilih tempat untuk menyemai biji terong tersebut. Kalau saya biasanya menggunakan pot atau polybag, kemudian saya bari pupuk kandang yang sudah jadi dan kering. Setelah itu kita taburkan biji terong diatasnya. Kemudian letakkan ditempat teduh dan jauh dari hewan ternak.

Jika anda memilih tempat persemaian dilahan terbuka, maka buatlah bedengan atau gundukan yang digemburkan, lalu beri pupuk dasar yang bagus, kalau saya lebih suka menggunakan kotoran ternak, karena lebih murah dan memiliki unsur hara yang baik. Jangan lupa setelah disemaikan anda harus tutup dengan rumput kering atau jerami padi juga bisa supaya terhindar dari terik matahari secara langsung. Penutupan ini bertujuan untuk merangsang perkecambahan biji serta mencegah supaya bibit tidak mudah terbawa air hujan jika sewaktu-waktu curah hujannya terlalu tinggi.

Rajin menyiram bibit yang disemaikan. Jadi supaya biji terong yang sudah kita semai cepat tumbuh dan berkembang, maka anda harus rajin menyiramnya.

Setelah 1 – 3 hari sejak persemaian benih, maka umumnya benih terong akan mulai berkecambah, meskipun kenyataan yang sering ditemui di lapangan yakni terkadang memang kurang kompak dalam pertumbuhannya, hal ini sangat wajar, mengingat kemungkinan setiap tanaman memiliki daya adaptasi yang berbeda-beda terhadap jenis unsur hara tertentu. Artinya jika asupan nustrisi tercukupi dengan baik, maka peluang biji untuk tumbuh berkecambah dan selamat menjadi tanaman muda akan terjadi.

Bibit yang sudah berkecambah kemudian dirawat secara intensif setidaknya hingga 20 hari sejak tanam awal, yakni dengan melakukan penyiraman secara rutin untuk mempercepat laju perkecambahan biji, mempercepat pembentukan massa sel dan jaringan parenkim penyusun tubuh/organ tanaman, sehingga akan didapat tanaman yang lebih kuat, sehat, dan produktif.
Selain faktor penyiraman, anda juga perlu sekali selama perawatan tersebut agar tanaman bisa diberi pupuk organik. Cara aplikasinya yaitu: sebarkan secara merata pupuk organik tersebut di atas lahan bedengan yang sudah ada tanaman terong muda yang tumbuh. Sebarkan pupuk secukupnya di atas permukaan bedengan, serta tetap terus melakukan penyiraman hingga tanaman benar-benar telah mampu beradaptasi secara baik dengan lingkungan tumbuhnya.

Jika tanaman sudah berumur di atas 20 hari sejak tanam awal, maka pada saat itu biasanya biji berkecambah tadi sudah mulai tumbuh dewasa dan sudah mulai bisa dipindahkan dari lahan bedengan penyemaian dan bisa ditanam pada lahan bedengan terbuka.

Kunci dari cepat atau tidaknya bibit terong ini tumbuh adalah terletak pada jenis bibit dan pupuk dasar yang kita gunakan.

Demikianlah langkah-langkah menyemai benih terong agar tumbuh lebih optimal.






































*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.





pasang iklan disini




loading...